Selasa, 14 April 2015

BI Pertahankan Suku Bunga Acuan Di Level 7,5 Persen

Image result for bank Indonesia

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG-BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 7,5 persen, karena dinilai masih sejalan dengan sasaran inflasi 2015 berkisar 3-5 persen.

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia hari ini memutuskan untuk mempertahankan BI Rate sebesar 7,5 persen," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, di Gedung BI Jakarta, Selasa (14/4).

Selain itu, kata dia, rapat juga mempertahankan suku bunga deposit facility 5,5 persen dan lending facility pada level 8 persen. Tirta menegaskan, keputusan itu sejalan dengan upaya untuk mencapai sasaran inflasi 4 persen plus minus 1 persen di 2015 dan 2016.

Dia menyebutkan, besaran suku bunga tersebut juga diharapkan bisa mengarahkan defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat dalam kisaran 2,5-3 persen terhadap PDB dalam jangka menengah.

Tirta mengungkapkan, keputusan itu sehubungan dengan upaya BI dalam memperkuat langkah-langkah stabilisasi rupiah. "Bauran kebijakan tetap difokuskan pada upaya menjaga stabilitas makroekonomi di tengah meningkatnya ketidakpastian di pasar keuangan global," tuturnya.

Dalam konteks ini, lanjut Tirta, BI berkomitmen memperkuat bauran kebijakan moneter dan makroprudensial serta meningkatkan koordinasi dengan pemerintah dalam pengendalian inflasi dan defisit transaksi berjalan dan mendorong percepatan reformasi struktural.

"BI mendukung langkah-langkah lanjutan yang dilakukan oleh pemerintah dalam melakukan reformasi struktural dalam rangka memperkuat neraca pembayaran," paparnya.


: saham . bursajkse

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.