Jumat, 03 Juli 2015

PT. Matahari Putra Prima, Tbk ( MPPA.JK ) - Membuka Supermarket Modern, Foodmart Primo, di Kawasan Karawaci

Image result for primo PT. Matahari Putra Prima, Tbk

PT. Matahari Putra Prima, Tbk (MPPA) , peritel multi-format modern terkemuka di Indonesia, pengelola Hypermart, Foodmart dan Boston Health & Beauty, meluncurkan sebuah format supermarket baru, "Foodmart Primo".


Foodmart ini disediakan bagi segmen konsumen kelas atas. Gerai resmi dibuka pada Jumat, 26 Juni 2015 dan berlokasi di MaxxBox Lippo Village, Karawaci, Tangerang.

Pembukaan Foodmart Primo didasarkan pada pengamatan perusahaan dan studi analitis yang berkelanjutan pada tren belanja masyarakat Indonesia, di mana terjadi kenaikan dari segmen kelas menengah di seluruh negeri. Foodmart Primo diposisikan secara strategis di lokasi utama di beberapa kota metropolitan. 

Melalui Foodmart Primo, pelanggan akan merasakan keunggulan supermarket modern yang mengedepankan tata letak gerai serta pemilihan produk dengan fokus pada pengalaman berbelanja yang menyenangkan, produk berkualitas premium dan kenyamanan.

"Dengan dibukanya MaxxBox, kami ada kesempatan untuk membuka gerai "kelas atas" pertama kami di bawah merek Foodmart Primo yang artinya berkualitas tinggi," ungkap Director of Foodmart Operations, Dave Rao didampingi Danny Kojongian, Director Communications and Public Relations. 

Foodmart Primo adalah gerai kelas premium yang dirancang secara profesional dengan fitur tambahan seperti area makanan siap saji, "boutique bakery" dan wine station di bawah satu atap. Supermarket ini menawarkan produk lokal dan impor berkualitas tinggi untuk melayani komunitas internasional yang tumbuh di Lippo Village. Berbagai buah-buahan dan sayuran lokal maupun impor tersedia setiap hari di samping pilihan terbaik yang ditawarkan mulai dari daging sapi, unggas, seafood, serta makanan jadi.

Store Manager, Hagmono dan timnya menyatakan kesiapan mereka untuk memberikan layanan premium kepada pelanggan. 

MPPA  saat ini membukukan total penjualan tahun 2014 sebesar Rp 13.59 Trilyun (diaudit) naik sebesar 14,1% dibandingkan tahun 2013. Net income 2014 sebesar Rp 554.0 Milyar naik sebesar 24,5% dari Rp 444.9 Milyar ditahun 2013. MPPA ]merupakan peritel modern di Indonesia yang memiliki jaringan gerai terluas dari peritel Hipermarket yang ada pada lebih dari 60 kota dari Tanjung Balai (Medan) hingga Jayapura (Papua).

MPPA  kian mendapatkan pengakuan lokal dan Internasional dengan diraihnya berbagai penghargaan diantaranya 2014 Customer Satisfaction by Roy Morgan, 2014 Excellence Experience by Bisnis Indonesia & Carre CCSL, 2014 Top 500 Bronze Award by Retail Asia, 2014 Charta Peduli Indonesia by Dompet Dhuafa, 2014 Superbrand Indonesia by Superbrand, 2014 Best Senior Management IR Support & Most Improved Investor Relations by Alpha Southeast Asia, 2014 Most Admired Companies by Fortune Indonesia, and 2014 Most Admired Company by Warta Ekonomi.

Sekitar 30% dari total pengunjung diharapkan merupakan ekspatriat yang tinggal di kawasan Lippo Karawaci akan memanfaatkan kehadiran Primo. Primo merupakan gerai kelas premium yang dirancang secara profesional dengan fitur tambahan seperti area makanan siap saji, boutique bakery dan wine station.

Di Supermarket ini menawarkan produk lokal dan impor berkualitas tinggi untuk melayani komunitas internasional yang tumbuh di Lippo Village.

Danny Konjongian mengatakan, nilai investasi yang dibutuhkan untuk membuka sebuah gerai Foodmart Primo sekitar Rp30 miliar, jumlah tersebut lebih besar hingga 3 kali lipat dari pembukaan Foodmart reguler dan Foodmart Gourmet. Investasi tersebut sudah termasuk bangunan, tata letak dan stok produk.

MPPAmenargetkan untuk membuka 1-2 gerai Foodmart Primo dengan menyasar daerah-daerah yang memiliki masyarakat kelas atas, seperti Surabaya, Medan, dan Makassar.

 




Baca Juga: http://bursajkse.blogspot.com/search?q=mppa.jk&max-results=20&by-date=true




Catatan:


Matahari Putra Prima adalah sebuah perusahaan ritel di Indonesia yang merupakan pemilik dari jaringan Matahari Departement Store dan supermarket Hypermart dan Foodmart. Saat ini, Matahari Putra Prima merupakan salah satu anak perusahaan dari Lippo Group. Per kuartal pertama tahun 2008, Matahari Putra Prima sudah mempunyai 79 toserba, 38 hypermarket, 31 supermarket, 46 outlet farmasi, dan lebih dari 88 hiburan keluarga di lebih dari 50 kota di Indonesia.

Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) didirikan 11 Maret 1986 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1986. Kantor pusat MPPA berlokasi di Menara Matahari Lantai 20, Jalan Boulevard Palem Raya No. 7, Lippo Karawaci – Tangerang, Jawa Barat.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Matahari Putra Prima Tbk (30/04/2015), antara lain: Multipolar Tbk (MLPL) (50,23%) dan Prime Star Investment Pte. Ltd. (26,09%). Multipolar Tbk (MLPL) menjadi induk usaha MPPA, sedangkan induk usaha terakhir MPPA adalah Lanius Limited.

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan usaha utama MPPA jaringan toko serba ada yang menyediakan berbagai macam barang untuk kebutuhan sehari-hari. Saat ini,MPPA mengoperasikan toko Hypermart, Foodmart dan Boston Health & Beauty di 281 yang berlokasi di Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Pada tanggal 29 Nopember 1992, MPPA memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham MPPA (IPO) kepada masyarakat sebanyak 8.700.000 dengan nilai nominal Rp1.000,- per saham dengan harga penawaran Rp7.150,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 21 Desember 1992.


Sejarah

1958 : Toko pertama di Pasar Baru, Jakarta Pusat
1972 : Menjadi pionir dengan membuka toko berkonsep Department Store di Indonesia.
1980 : Membuka Toko Pertama di luar Jakarta - Sinar Matahari Bogor
1988 : Core Business Expansion to Supermarket Operasi.

1st Rights Issue - Rp 75B

1992 : IPO (Penawaran Saham Perdana) di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya
1996 : Issuance of 5-year US$100 Million Bond & 2nd Rights Issue - Rp 226B
1997 : Multipolar became majority shareholder 3rd Rights Issue Rp 902B
2000 : Meluncurkan Matahari Club Card (MCC)
2001 : Settlement of 5-year US$ 100 Million Bond
2002 :

Manajemen Tim baru.
Restrukturisasi bisnis inti: Matahari Department Store,
Matahari Supermarket & TimeZone
Independent and transparent Business Units
Issuance of 5-year Obligasi I - Rp 450 Billion

2003 :

Tahun konsolidasi
Closure of Non-profitable stores
Re-focus to internal infrastructure, resources & company's Foundation

2004 :

Meluncurkan Hypermart
Top 500 As-Pac Retail Award: #1- Indonesia
Issuance of 5-year Obligasi II : Rp 300 B & Syariah I Rp 150 B

2005 : Ekspansi bisnis: 10 Department store,4 Kids2Kids,13 Hypermart,4 Cut Price,1 Matahari Supermarket,Membuka Matahari Dept.Store di Tiongkok, Top 500 As-Pac Retail Award:#1- Indonesia
2011 : Palembang siap dijadikan target Matahari Tbk untuk membuka puluhan gerai di Kota Palembang

Unit Usaha

Masih beroperasi

Matahari Department Store - Toserba
Hypermart - Hypermarket (dahulu Market Place Matahari)
Foodmart - Supermarket (dahulu Matahari Supermarket)
Boston Health and Beauty - Apotik dan Kecantikan
Books & Beyond - Toko Buku
Timezone - Zona Games
Superoti - Bakery

Sudah berhenti operasi

Galleria (toserba kelas atas Matahari)
Super Ekonomis (supermarket kelas menengah Matahari)
Mega M (hypermarket Matahari)






saham . bursajkse

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.