Rabu, 22 Juli 2015

Bursa Saham Asia Ditutup Lebih Tinggi Setelah Libur Panjang

Image result for asian stock market index

Sejumlah indeks di pasar bursa utama Asia, pada perdagangan Selasa (21/7) ditutup menguat setelah libur panjang pada akhir pekan lalu. Indeks Nikkei Jepang pada perdadagangan Selasa (21/7) ditutup menguat setelah liburan panjang akhir pekan. Indeks Nikkei tercatat menguat 0,9 persen ke level 20.841,97.

Sementara itu, saham Toshiba tercatat naik enam persen. Kenaikan harga saham Toshiba ini terjadi karena investor menyambut baik laporan perseroan yang menyebutkan perusahaan tersebut mencatat kenaikan laba sebesar US$ 1,2 miliar selama enam tahun. Laporan ini juga sekaligus mengakhiri ketidakpastian yang terjadi selama berbulan-bulan terkait isu akuntansi perseroan.

Toshiba juga mengumumkan pengunduran diri Chief Executive dan Presiden perseroan Hisao Tanaka.

Sementara itu, indeks Kospi di Korea Selatan ditutupo menguat 0,4 persen ke level 2.081,54, sekalipun Menteri Keuangan Korea Selatan Choi kyung-hwan menyebutkan bahwa pada kuartal kedua ini produk domestik bruto (PDB) akan lebih rendah dari tiga bulan sebelumnya.

Ia menyebutkan, pelemahan ekonomi global dan rendahnya harga minyak merupakan alasan turunnya PDB pada kuartal kedua ini.

Saham-saham emiten yang berorientasi ekspor mengalami penguatan karena terus melemahnya nilai tukar won terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di mana won berada pada level terendah selama dua tahun terakhir terhadap mata uang dolar AS.

Saham produsen otomotif Hyundai Motors tercatat menguat 7,3 persen sedangkan, saham Kia menguat 2,9 persen.

Di Australia indeks ASX 200 ditutup menguat 0,4 persen ke level 5.706,7. Namun, pelehaman harga komoditas yang terus berlanjut turut mempengaruhi keyakinan investor. Hal ini juga berdampak pada saham perusahaan raksasa pertambangan negeri itu, Rio Tinto yang anjlok 0,9 persen sedangkan BHP Billiton anjlok 0,4 persen, dan Newcrest turun 1,6 persen.

Di Tiongkok, langkah pemulihan yang pemerintah tampaknya telah mempu menstabilkan perdagangan pada pekan lalu. Indeks Shanghai ditutup naik 0,4 persen ke level 4.009,48 sedangkan indeks Hang Seng Hong Kong ditutup naik 0,7 persen ke level 25.589,55.






saham . bursajkse

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.