Selasa, 14 Juli 2015

PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk ( CMNP.JK) - Menguasai 65% Saham dari Proyek Jalan Tol Seroja


Pemenang tender untuk pembangunan jalan tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) mengumkan telah membentuk badan usaha jalan tol (BUJT) bernama PT Citra Marga Lintas Jabar. BUJT itu nantinya akan menjadi penangung jawab pembangunan jalan tol sepanjang 8,15 km yang berlokasi di Jawa Barat tersebut.


Dilansir dari situs resmi perseroan, (Senin, 13/7/2015) PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP)  bersama PT Wijaya Karya (WIKA)  dan PT Jasa Sarana mengumumkan telah menandatangani Perjanjian Usaha Patungan untuk Pengusahaan Jalan Tol Soreang - Pasir Koja (Soroja). Penandatanganan perjanjian dilakukan oleh Agung Salim dan Suarmin Tioniwar selaku Direksi CMNP, Wakil Direktur Utama PT Wijaya Karya(WIKA) Budiarto dan Direktur Utama PT Jasa Sarana (JS) Soko Sandi Buwono.

Adapun, penandatanganan perjanjinan itu merupakan tindak lanjut dari kemenangan Konsorsium CMNP WIKA.JK  dan JS atas Pelelangan Pengusahaan Jalan Tol Soroja sebagaimana amanat surat dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M. Basuki Hadimuljono. Pemenang tender diwajibkan untuk BUJT paling lambat 2 bulan dan menandatangai Perjanjian Pengusahaan jalan Tol (PPJT) paling lambat 3 bulan sejak tanggal surat penetapan.

Dalam perjanjian tersebut juga disepakati komposisi kepemilikan saham yaitu 65% untuk CMNP , 25% untuk WIKA  dan 10 % untuk PT Jasa Sarana serta membentuk PT Citra Marga Lintas Jabar yang akan menjadi BUJT ruas Soreang – Pasir Koja sepanjang 8,15 kilometer. Jalan tol ini nantinya akan menjadi jalur penting yang menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Soreang dan sekitarnya.

Pada kesempatan itu sekaligus ditetapkan susunan Direksi dan Komisaris PT Citra Marga Lintas Jabar yaitu Ir. R. Bagus Medi Suarso sebagai Direktur Utama, Agus Winarso dan Ahmad Fauzi sebagai Direktur, Suarmin Tioniwar sebagai Komisaris Utama, Feisal Hamka dan Diah Sosotya Wahjusari sebagai Komisaris.

Ruas tol dengan konsesi selama 45 tahun ini merupakan upaya untuk menjaga Going Concern Perseroan di masa depan. Jalan tol yang diharapkan sudah bisa beroperasi pada 2016 ini akan menjadi sarana penunjang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional pada Agustus 2016 di Jawa Barat dan penyelenggaraan Asian Games pada Agustus 2018 di Jakarta, Palembang, dan Bandung.







Catatan:

Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) didirikan tanggal 13 April 1987 dan memulai kegiatan operasi komersialnya sejak 1990. Kantor pusat CMNP berkedudukan di Gedung Citra Marga Nusaphala Persada, Jalan Yos Sudarso Kav 28, Jakarta 14350.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (28/02/2015) adalah PT Pilar Indah Investama (46,24%), yang berkedudukan di Bona Indah Plaza Blok A2/B12 Jl. Karang Tengah Raya.

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan CMNP adalah menyelenggarakan proyek jalan tol, melakukan investasi dan jasa penunjang di bidang jalan tol Iainnya berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku, serta menjalankan usaha di bidang Iainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan jalan tol.

Pada tanggal 30 Nopember 1994, CMNP memperoleh pernyataan efektif dari BAPEPAM-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham CMNP (IPO) kepada masyarakat sebanyak 122.000.000 dengan nilai nominal Rp500,- per saham dengan harga penawaran Rp2.600,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 10 Januari 1995.



saham . bursajkse

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.