Senin, 20 Juli 2015

PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk ( SRAJ.JK ) - Ambil 79% Dana Rights Issue Untuk Tingkatkan Penyertaan Modal Pada Anak Usaha

PT Surya Cipta Inti Cemerlang, pemegang saham utama PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk (SRAJ) akan melaksanakan hak untuk mengambil sekurang-kurangnya 2,8 miliar saham baru atau sekitar 53,79% dari total saham yang diterbitkan.

Rencananya 79% dana rights issue atau Rp453 miliar akan digunakan untuk meningkatkan penyerataan pada anak usahanya PT Karya Kharisma Sentosa guna membangun rumah sakit Jakarta Garden City, Jakarta Timur.

Sementara sebear 6,11% atau Rp35 miliar akan digunakan untuk membayar sebagian utang perseroan di Bank CIMB Niaga yang akan jatuh tempo pada periode Januari hingga Oktober 2016 mendatang. Saat ini, jumlah utang perseroan di CIMB mencapai Rp50 miliar.

Lalu sebesar 12,4% dana atau Rp71 miliar akan digunakan untuk meningkatkan penyertaan pada PT Nirmala Kencana Mas untuk membayar utangnya dan sisanya untuk modal kerja. Dikatakan bahwa saat ini SRAJ masih memiliki sisa dana rights issue yang lalu sebesar Rp204,4 miliar.

Dana itu juga akan digunakan untuk ekspansi rumah sakit baru. Tahun ini perseroan gencar melakukan ekspansi, perseroan membentuk 5 anak usaha pada 29 April 2015 lalu guna mendukung kegiatan utama perseroan. Kelima anak usaha itu adalah PT Karya Kharisma Sentosa, PT Sejahtera Abadi Solusi, PT Sejahtera Inti Sentosa, PT Nusa Sejahtera Kharisma, dan PT Anugrah Inti Karya.

SRAJ berencana akan melakukan rights issue tahap II dengan menerbitkan saham baru dengan HMETD sebanyak-banyaknya 5,3 miliar saham atau 40% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan harga Rp200/saham rasio 3:2. Dengan demikian dana yang akan dihimpun perseroan mencapai Rp 1,07 triliun. Untuk itu perseroan akan mengadakan RUPSLB pada 24 Agustus 2015.





Catatan:

Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk (Mayapada Hospital) (SRAJ) didirikan tanggal 20 Mei 1991 dengan nama PT Sejahtera Raya Anugrah dan mulai operasi secara komersial pada bulan Nopember 1994.SRAJ berkedudukan di Jalan Honoris Raya, Perumahan Modern, Kota Madya Tangerang.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk, antara lain: PT Surya Cipta Inti Cemerlang (induk) (53,79%), Bnym SA/NV AS Cust of Minot Light APAC Ltd (15,98%), Cre SU AG SG BR S/A Swiss Universe Holdings Ltd (13,32%), PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha (7,04%) dan Wing Harvest Limited (5,79%).

Induk usaha Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk adalah PT Surya Cipta Inti Cemerlang, dimana 99,99% saham PT Surya Cipta Inti Cemerlang dimiliki oleh PT Mayapada Healthcare Group (induk usaha terakhir). Adapun pemegang saham pengendali PT Mayapada Healthcare Group adalah keluarga Tahir.

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan utama SRAJ adalah memberikan jasa penyelenggara rumah sakit antara lain dengan cara mendirikan dan mengusahakan rumah sakit yang lengkap dan modern. Awalnya rumah sakit SRAJ bernama Rumah Sakit Honoris kemudian tahun 2008 diubah menjadi Mayapada Hospital.

Pada tanggal 31 Maret 2011, SRAJ memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukanPenawaran Umum Perdana Saham SRAJ (IPO) kepada masyarakat sebanyak 750.000.000 saham dengan nilai nominal Rp100,- per saham dan harga penawaran Rp120 per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 11 April 2011.





Saham . bursajkse

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.