Rabu, 29 Juli 2015

Beberapa Penyebab Pasar Saham China Terjun 8,4%

Image result for china stock market

Indeks Komposit Shanghai di bursa saham China sempat terjun 8,5%. Ini menimbulkan pertanyaan soal kebijakan penyelamatan pasar saham yang dilakukan pemerintah China.

Tak hanya Indeks Shanghai, Indeks Shenzhen juga turun 7%. 

Dilansir dari CNN, Senin (27/7/2015), terjunnya bursa saham China terjadi di tengah kekhawatiran soal kesehatan ekonomi China.

Laporan kinerja industri yang dirilis Senin mengindikasikan, pabrik-pabrik di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut kehilangan momentum. Laba industri di China turun 0,3% sepanjang Juni 2015, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pada Jumat akhir pekan lalu, aktivitas industri manufaktur di China sepanjang Juli 2015 berada di bawah ekspektasi analis. 

Ini penyebab pasar saham bergerak ekstrem naik-turun dalam beberapa bulan. 

Sinyal pertama datang di pertengahan Juni, setelah indeks Shanghai Composite naik lebih dari 5.100 poin, atau 150% dalam waktu 1 tahun. Saat bubble terjadi, indeks seketika turun 32% dalam 18 hari perdagangan bursa.

Pemerintah China dan bank sentralnya langsung bereaksi. People's Bank of China, bank sentral China, langsung memangkas bunga acuan ke level terendahnya, regulator pasar modal melakukan penahanan terhadap IPO baru, dan pelaku short selling diancam penjara.

Regulator pasar saham China, yaitu China Securities regulatory Commission, melakukan pembelian saham menggunakan uang yang dipasok oleh bank sentral. Perusahaan-perusahaan diperbolehkan melakukan suspensi sahamnya sendiri. 


saham . bursajkse

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.