Senin, 13 Juli 2015

PT Bank Central Asia Tbk ( BBCA.JK ) - Ditunjuk Kembali Sebagai Bank Untul Layani Pembayaran KSEI



PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). kembali ditunjuk PT Kustodian Central Efek Indonesia (KSEI) sebagai bank pembayaran KSEI.

Penunjukkan tersebut ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Direktur BCA Suwignyo Budiman dengan Direktur Utama KSEI Margeret M. Tang, beserta manajemen bank pembayaran lainnya yang juga disaksikan Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II M. Noor Rachman.

Direktur BCA Suwignyo Budiman berharap dari kerja sama ini, BCA dapat terus mendukung penyelesaian transaksi di pasar modal. Kerja sama ini, lanjut Suwignyo, juga diharapkan dapat mendorong perkembangan investor di pasar modal dengan penyediaan layanan rekening dana nasabah (RDN).

Emiten berkode saham BBCA ini telah menyediakan beberapa fasilitas guna mendukung kemudahan bertransaksi para investor. Di antaranya, melalui eChannel BCA, investor bisa mendapat informasi portofolio efeknya. Selain itu, sejak akhir 2014, BCA juga telah mengimplementasikan penyediaan informasi saldo dan mutasi RDN pada KlikBCA Bisnis, KlikBCA individu, dan BCA Mobile.

"Seluruh inovasi ini kami lakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para investor dan berharap kerja sama yang dilakukan semakin mendukung pertumbuhan pasar modal Indonesia," ujar Suwignyo di Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Sementara itu, Margeret menuturkan kerja sama antara KSEI dan BCA serta 5 bank lain sebagai bank administrator RDN telah dijajaki sejak 2013. Mulai 2015, KSEI akan menggunakan rekening RTGS di Bank Indonesia untuk melengkapi fungsi bank pembayaran terkait keperluan penyelesaian transaksi yang melibatkan dana di sistem C-BEST.

"Mulai Juli 2015, penyelesaian transaksi efek non-SBN yang melibatkan dana di C-BEST, kami rencanakan hanya perusahaan efek saja yang masih perlu menggunakan layanan bank pembayaran," ujar Margeret.







Catatan:

Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) (BBCA) didirikan di Indonesia tanggal 10 Agustus 1955 dengan nama "N.V. Perseroan Dagang Dan Industrie Semarang Knitting Factory" dan mulai beroperasi di bidang perbankan sejak tanggal 12 Oktober 1956. Saat ini (31/12/2014), kantor pusat Bank BCA berlokasi di Jalan M.H. Thamrin No. 1, Jakarta dan memiliki 968 kantor cabang di seluruh Indonesia serta 2 kantor perwakilan luar negeri yang berlokasi di Hong Kong dan Singapura.

Pemegang saham mayoritas dari Bank BCA adalah FarIndo Investment (Mauritius) Ltd. gualitate qua (qq) sdr. Robert Budi Hartono dan Sdr. Bambang Hartono. dengan jumlah kepemilikan sebesar 47,15 persen.

Berdasarkan Anggaran Dasar Bank, Bank beroperasi sebagai bank umum. BBCA bergerak di bidang perbankan dan jasa keuangan lainnya.

Pada tanggal 11 Mei 2000, BBCA memperoleh pernyataan efektif dari BAPEPAM-LK untuk melakukan Penawaran Umum Saham Perdana BBCA (IPO) sebanyak 662.400.000 saham dengan jumlah nilai nominal Rp500,- dengan harga penawaran Rp1.400,- per saham, yang merupakan 22% dari modal saham yang ditempatkan dan disetor, sebagai bagian dari divestasi pemilikan saham Republik Indonesia yang diwakili oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Penawaran umum ini dicatatkan pada Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya pada tanggal 31 Mei 2000.

Sejarah Singkat Perusahaan

PT. Bank Cental Asia, Tbk merupakan bank yang memiliki jaringan elektronik terbesar dan paling tersebar luas di Indonesia. PT. Bank Central Asia, Tbk secara resmi berdiri pada tanggal 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia NV.

Banyak hal telah dilalui sejak berdirinya itu, dan barang kali yang paling signifikan adalah krisis moneter yang terjadi tahun 1997.

Krisis ini membawa dampak yang luar biasa pada keseluruhan sistem perbankan di Indonesia. Namun, secara khusus, kondisi ini mempengaruhi aliran dana tunai di PT. Bank Central Asia, Tbk dan bahkan sempat mengancam kelanjutannya. Banyak nasabah menjadi panik lalu beramai-ramai menarik dana mereka. Akibatnya, bank terpaksa meminta bantuan dari pemerintah Indonesia. Badan Penyehatan Perbankan Indonesia (BPPN) lalu mengambil alih PT. Bank Central Asia, Tbk di tahun 1998.

Berkat kebijakan bisnis dan pengambilan keputusan yang arif, PT. Bank Central Asia, Tbk berhasil pulih kembali pada tahun yang sama.

Di bulan Desember 1998, dana pihak ke tiga telah kembali ke tingkat sebelum krisis. Aset BCA mencapai Rp 67.93 triliun, padahal di bulan Desember 1997 hanya Rp 53.36 triliun. Kepercayaan masyarakat pada BCA telah sepenuhnya pulih, dan BCA diserahkan oleh BPPN ke Bank Indonesia di tahun 2000. Selanjutnya, BCA mengambil langkah besar dengan menjadi perusahaan public. Penawaran Saham Perdana berlangsung di tahun 2000, dengan menjual saham sebesar 22,55% yang berasal dari divestasi BPPN. Setelah Penawaran Saham Perdana itu, BPPN masih menguasai 70,30% dari seluruh saham BCA. Penawaran saham ke dua dilaksanakan di bulan Juni dan Juli 2001, dengan BPPN mendivestasikan 10% lagi dari saham Miliknya di PT. Bank Central Asia, Tbk dalam tahun 2002, IBRA melepas 51% dari sahamnya di BCA melalui tender penempatan privat yang strategis. Farindo Investment, Ltd., yang berbasis di Mauritius, memenangkan tender tersebut. Saat ini, BCA terus memperkokoh tradisi tata kelola perusahaan yang baik, kepatuhan penuh pada regulasi, pengelolaan risiko secara baik dan komitmen pada nasabahnya baik sebagai bank transaksional maupun sebagai lembaga intermediasi finansial.

Keunggulan PT. Bank Centaral Asia, Tbk

Sebagai bank transaksional, BCA menawarkan rangkaian jasa yang luas untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan spesifik para nasabah kami. Sebagai lembaga intermediari keuangan, BCA telah bekerja keras untuk memperkuat sisi kredit dengan mempersiapkan berbagai paket yang menarik bagi nasabah yang potensial. Kami memiliki sejumlah keunggulan yang menjadi kunci keberhasilan kami dalam menyediakan jasa-jasa yang berguna, efisien dan mudah. Keunggulan-keunggulan ini adalah:

1. Tim manajemen yang sangat profesional yang selalu mengikuti kebijakan dan regulasi perbankan nasional dan internasional;

2. Sumber daya manusia (SDM) yang terlatih baik dan berorientasi pada pelayanan bagi nasabah;

3. Rangkaian produk dan jasa yang inovatif dan memenuhi kebutuhan yang aktual;

4. Pemanfaatan teknologi paling mutakhir secara tepat;

5. Upaya yang terus-menerus dalam mempertahankan tingkat pengamanan perbankan yang paling tinggi;

6. Jaringan yang luas dari kantor cabang dan kantor cabang pembantu di seluruh Indonesia;

7. Pilihan saluran penghantaran (delivery channel) yang luas untuk mencapai tingkat kenyamanan pelanggan yang maksimum, dan

8. Per 31 Desember 2008 telah memiliki sekitar 5.997 ATM tunai maupun non-tunai serta ATM Setoran Tunai yang disediakan di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia.

Bidang Usaha atau Ruang Gerak

Bidang usaha PT. Bank Central Asia, Tbk adalah Jasa Perbankan.

Sebagai bank transaksioal, PT. Bank Cental Asia, Tbk menawarkan rangkaian jasa yang luas untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan spesifik para nasabahnya. Sebagai lembaga intermediari keuangan, PT. Bank Central Asia, Tbk telah bekerja keras untuk memperkuat basis kredit dengan mempersiapkan berbagai paket yang menarik bagi nasabah yang potensial. PT. Bank Central Asia, Tbk memiliki sejumlah keunggulan yang menjadi kunci keberhasilan PT. Bank Central Asia, Tbk dalam menyediakan jasa – jasa yang berguna, efisien dan mudah.

Produk dan Jasa

Seiring dengan tujuan PT. Bank Central Asia, Tbk untuk menjadi pilihan pertama dalam perbankan transaksional, PT. Bank Central Asia, Tbk telah terus-menerus bekerja untuk memperluas ragam produk, jasa dan saluran penghantar. PT. Bank Central Asia, Tbk juga telah memastikan bahwa masing-masing produk dan jasa PT. Bank Central Asia, Tbk unggul di kalangan nasabah karena kualitasnya yang tinggi serta profesionalisme karyawan PT. Bank Central Asia, Tbk yang bertugas melayani nasabah.

Dalam mengembangkan produk dan jasa yang di tawarkan, PT. Bank Central Asia, Tbk selalu mempertimbangkan kebutuhan nasabah yang selalu berubah. Lebih jauh lagi, PT. Bank Central Asia, Tbk terus menyempurnakan setiap produk atau jasa dengan menambahkan berbagai fitur baru untuk meningkatkan kenyamanan nasabah dalam menggunakannya. Semakin banyak fasilitas yang disediakan antara lain ATM, KlikBCA Individual Internet banking, m-BCA mobile banking, dan sebagainya.

Bagi komunitas bisnis, terutama para pelaku UKM, PT. Bank Central Asia, Tbk menyediakan jajaran produk dan jasa yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Produk dan jasa ini, antara lain, adalah KlikBCA Bisnis dan BCA Bizz (di lokasi-lokasi tertentu).

PT. Bank Central Asia, Tbk juga menyediakan berbagai jenis produk kredit untuk memenuhi keperluan pelanggan, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BCA, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA dan kredit-kredit korporasi.

Jenis Nama Produk dan Jasa

Simpanan Rekening TAHAPAN, Rekening TAPRES, Rekening Giro, Deposito Berjangka dan Sertifikat Deposito.

Kartu Kredit BCA Card, BCA Master Card, BCA Visa, BCA JCB

Perbankan Elektronik ATM BCA, Debit BCA, Tunai BCA, klikBCA Internet banking, m-BCA mobile banking, BCA Link, Call Center

Layanan Transaksi Perbankan Safe Deposit Box (SDB), Pengiriman Uang, Travelers Cheques, Inkaso dan Kliring, mata uang asing.

Fasilitas Kredit KPR, KKB, Kredit Modal Kerja, Kredit Sindikasi, Kredit Ekspor, Trust Receipt, Kredit Investasi.

Bank Garansi Bid bond, Payment Bond, Advance Payment Bond, Performance Bond, dan Pusat Pengelolaan Pembebasan dan Pengembalian Bea Masuk (P4BM).

Fasilitas Ekspor-Impor LC, Negosiasi, Bill Discounting, Documentary Collections, Bankers Acceptance.

Fasilitas Valuta Asing Spot, Forward, Swap, dan produk derivative lain

Teknologi

BCA dapat berbangga hati atas pemakaian teknologi yang strategis, dan penggunaan teknologi yang canggih secara tepat telah menjadi unsur penting dalam kekuatan kompetitif.

Berkat adopsi teknologi yang sangat selektif, PT. Bank Central Asia, Tbk telah diakui baik di tingkat nasional maupun internasional sebagai pemimpin dalam aplikasi teknologi.

Keputusan PT. Bank Central Asia, Tbk dalam melakukan pemilihan teknologi selalu didasarkan pada visi PT. Bank Central Asia, Tbk sebagai bank transaksional terkemuka. Itulah sebabnya fokus PT. Bank Central Asia, Tbk adalah pada upaya memaksimalkan efisiensi operasional dan menyempurnakan pelayanan pada nasabah. PT. Bank Central Asia, Tbk juga menggunakan teknologi untuk mendukung tresuri, pengelolaan risiko dan pengembangan saluran penghantaran yang terus-menerus dilakukan Kontinuitas Bisnis Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan Bank Indonesia.

PT. Bank Central Asia, Tbk telah memperkuat dan merelokasikan Disaster Recovery Center (DRC) ke sebuah lokasi di luar negeri dengan bantuan salah satu penyedia TI terbesar di dunia. Pengamanan (Security) untuk memastikan bahwa PT. Bank Central Asia, Tbk mengimplementasikan sistem pengamanan yang sebaik mungkin, PT. Bank Central Asia, Tbk memanfaatkan jasa Tru Secure Corporation, sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat.

Perusahaan konsultan pengamanan ini secara teratur mengevaluasi pengamanan system dan memberikan rekomendasi untuk tindakan-tindakan penyempurnaan yang perlu diambil. Perusahaan ini juga akan memberikan sertifikat kepada PT. Bank Central Asia, Tbk selama mereka merasa puas dengan usaha PT. Bank Central Asia, Tbk dalam memastikan bahwa sistem PT. Bank Central Asia, Tbk memiliki tingkat pengamanan yang tertinggi yang mungkin dicapai. Jaringan PT. Bank Central Asia, Tbk dengan memanfaatkan teknologi dan sumber daya manusia yang sangat terlatih, PT. Bank Central Asia, Tbk telah berhasil memperluas jaringannya baik jaringan konvensional maupun elektronis untuk memberikan pengalaman perbankan yang paling nyaman bagi para nasabah.

Di bulan September 2007, para nasabah PT. Bank Central Asia, Tbk dapat menghubungi 796 kantor cabang di seluruh Indonesia di samping dua kantor perwakilan di Hong Kong dan Singapura. Jasa-jasa khusus bagi pelanggan premium BCA Prioritas kami juga tersedia di 173 kantor cabang. Di tingkat international, PT. Bank Central Asia, Tbk bekerja sama dengan lebih dari 1.783 bank koresponden di 105 negara guna menyediakan jasa-jasa seperti Perintah Pembayaran (Payment Order). Melalui pusat-pusat BCA Bizz, PT. Bank Central Asia, Tbk menyediakan jasa-jasa yang unik untuk memenuhi keperluan para pemilik usaha, seperti penyetoran uang tunai sesudah toko-toko mereka tutup serta jasa untuk mengambil atau mengantarkan uang tunai.

PT. Bank Central Asia, Tbk juga telah membuka BCA Consumer Plus untuk melayani berbagai kebutuhan nasabah seperti KPR, KKB, Kartu Kredit, dan sebagainya.

Saat ini, sejumlah BCA Bizz dan BCA Consumer Plus telah diresmikan di pusat-pusat perdagangan dan bisnis di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Semarang. Di masa datang, pusat-pusat BCA Bizz dan BCA Consumer Plus baru akan menyusul.

Sementara itu, kartu-kartu kredit BCA juga diterima di lebih dari 34.000 merchant di seluruh Indonesia juga di jutaan tempat di seluruh dunia. Kartu kredit BCA memiliki berbagai fitur yang lengkap seperti Cicilan BCA yang memungkinkan pemegang kartu untuk mendapatkan semua barang/jasa yang diinginkan dengan cicilan tetap sesuai dengan kemampuan berbelanja. Juga Reward BCA dimana setiap transaksi dengan Kartu Kredit BCA kapanpun dan di manapun, pemegang kartu akan mendapat reward rupiah yang bisa ditukarkan langsung dengan berbagai barang yang dibutuhkan. Kemudian fasilitas AutoPay BCA yang akan membereskan beragam tagihan rutin seperti tagihan listrik, telepon, asuransi dan sebagainya. Belum lagi ditambah dengan berbagai penawaran menarik yang sangat menguntungkan.

Jaringan ATM BCA tersebar di lokasi-lokasi strategis di seluruh Indonesia. Kartu Debit BCA kami juga diterima di sekitar 20.000 merchant di 28.000 gerai dengan 60.000 terminal Electronic Data Capture (EDC), sementara kartu Tunai BCA memungkinkan para merchant membantu para pembeli yang membutuhkan uang tunai dengan mendebit dengan jumlah melebihi jumlah yang harus mereka bayar.

Dengan klikBCA, PT. Bank Central Asia, Tbk menyediakan bagi individu maupun pemilik bisnis berbagai layanan perbankan yang sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing melalui Internet. Sementara itu, bagi mereka yang selalu bepergian, PT. Bank Central Asia, Tbk menyediakan jasa mobile banking melalui saluran-saluran m-BCA, SMS Top Up BCA, BCA by Phone dan Halo BCA.

BCA telah mengembangkan infrastruktur broadband nirkabel untuk menjamin komunikasi data berkecepatan tinggi di antara kantor pusat dan kantor-kantor cabang

Visi dan Misi

Visi

Seperti perusahaan pada umumnya, Visi dari PT. Bank Central Asia, Tbk adalah to be the best bank in service and to be the preferred bank for reliability in meeting customer's need through consistent service excellene (untuk menjadi Bank terbaik dalam pelayanan dan untuk menjadi Bank pilihan yang terpercaya dalam kebutuhan pelanggan melalui pelayanan terbaik yang konsisten).

Misi

Untuk menunjang visi tersebut PT. Bank Central Asia, Tbk memiliki misi sebagai berikut :

1. Menerapkan dan mengembangkan prosedur kerja sesuai dengan tingkat pelayanan yang telah ditetapkan.

2. Menerapkan sistem manajemen mutu internasional secara berkesinambungan.

3. Mengembangkan sumber daya manusia yang dapat diandalkan.

4. Meningkatkan produktivitas kerja di semua sub urusan secara terus menerus.

Award pada 2009

Award Recognition

from: Businessweek dan Frontier Consulting Group

Indonesia's Most Admired Company (IMAC) 2009 for :

• Bank Nasional terbaik

((IMAC) 2009) 12 Agustus 2009

from: InfoBank Award 2009

Golden Trophy for :

• Bank Nasional papan atas

(Golden Trophy di Infobank Award 2009) 30 Juli 2009

from: SWA and MARS

THE INDONESIA BEST BRAND AWARD (IBBA) 2009 for :

• The Indonesia Golden Brand

• Kartu Kredit 2009

• Tabungan 2009

(SWA and MARS in THE INDONESIA BEST BRAND AWARD (IBBA) 2009) 28 Juli 2009

from: Alpha South East Asia

Best Cash Management Bank in Indonesia for :

• evaluasi kinerja finansial dan non-fnansial

(Best Cash Management Bank in Indonesia 2009) 24 Juli 2009

from: SWA 100 dan Stern Stewart & Co

SWA100 Wealth Creator Award 2009 for :

• Wealth Creator Company untuk Pemegang Saham

(SWA 100 and Stern Stewart & Co in SWA100 Wealth Creator Award 2009) 26 Juni 2009

from: Asian Banking Finance and Informatic (ABFI) Award

Asian Banking Finance and Informatic (ABFI) Institute Perbanas for :

• Kinerja Terbaik di Indonesia Tahun 2008

(Asian Banking Finance and Informatic (ABFI) Award) 24 Juni 2009

from: Contact Center Association (ICCA) Award

The Best Contact Center Indonesia 2009 for :

• Excellent Achievement Award

(Contact Center Association (ICCA) Award in The Best Contact Center Indonesia 2009) 29 Mei 2009

from: The Asian Banker

Excellence In Retail Financial Services Awards 2009 for:

• Best Retail Bank in Indonesia, 2008

• The sixth successive year the prestigiuos award for showing strong growth in its retail core funding during the current crisis on the back of its strong network reach and conservatism

• A part of the Excellence in Retail Financial Services Programme

(The Asian Banker Excellence in Retail Financial Services Awards 2009) 19 Maret 2009

from: Visa International

Performance and sales volume Kartu Visa Co-Brand BCA Carrefour for:

• Most Successful Co-Brand Card in 2008

(Visa International) 13 Maret 2009

from: (IBLA) MarkPlus & InfoBank

The Indonesia Bank Loyality Award (IBLA) 2009 for:

• Peringkat Pertama "The Best of Indonesian Bank Loyalty Champion" untuk kategori Saving Account, Conventional Bank

• Peringkat Ketiga untuk kategori Credit Card

IBLA (26 Februari 2009)

From: Top Brand Award 2009

Banking and Finance Category, for :

1. Tahapan BCA for The Best Saving Product

2. The Best Deposit

3. The Best Credit Card

(Top Brand Awards) 10 Februari 2009




saham . bursajske

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.