Rabu, 27 Mei 2015

PT Sierrad Produce Tbk ( SIPD.JK ) - Great Giant Pineapple Menambah Porsi Kepemilikan Sebesar 146,6 Juta Lembar



PT Great Giant Pineapple (GGP) kembali menambah porsi kepemilikan saham pada PT Sierrad Produce Tbk (SIPD). Kali ini GGP membeli 146,16 juta saham SIPD di harga Rp 840 per saham. Dengan demikian, nilai transaksi ini mencapai Rp 122,7 miliar.

Transaksi ini dilakukan pada tanggal 18 Mei 2015. Dengan pembelian saham ini, maka GGP kini memiliki 219,77 juta atau 23,4% saham SIPD. "Tujuan transaksi untuk investasi jangka panjang," ungkap Sekretaris Perusahaan SIPD, F.X Awi Tantra dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Selasa (26/5).

GGP merupakan perusahaan yang memproduksi nanas segar dan nanas kaleng. Perusahaan ini sebelumnya ditunjuk SIPD sebagai pembeli siaga untuk aksi rights issue perseroan.

SIPD berniat rights issue dengan menawarkan 2,1 miliar saham. Adapun harga pelaksanannya Rp 520 per saham. Dengan aksi ini SIPD akan memperoleh dana hingga Rp 1,09 triliun. Sekitar 91% dana hasil right issue akan digunakan untuk membeli Obligasi Wajib Tukar yang diterbitkan oleh GGP pada harga Rp 1 triliun rupiah. Langkah ini merupakan strategi SIPD untuk mempercepat transformasi usaha yang hanya berbasis perunggasan.

Asal tahu saja, GGP memiliki anak usaha PT Great Giant Livestock (GGL) yang bergerak di bidang peternakan sapi. SIPD telah membuat perjanjian dengan GGP untuk menukarkan OWT dengan 6.616 saham GGL. Jumlah tersebut setara dengan 80% total saham GGL. Dengan demikian, SIPD bisa memegang kendali atas GGL.

SIPD berencana meminta persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 29 Januari 2015. Namun, SIPD menunda rapat tersebut hingga waktu yang akan ditentukan kemudian. Hingga saat ini belum ada keterangan lebih lanjut terkait rencana rights issue SIPD.

Per akhir April 2015, GGP masuk dalam pemegang saham mayoritas SIPD dengan kepemilikan 73,26 saham 7,8%. Selain itu, saham SIPD dikuasai oleh Harvest Agents Limited yang menggenggam 134,57 juta saham atau 14,33%, Jade Field Assets Limited sebesar 146,16 juta saham atau 15,56%, dan Kingdom Industrial Limited sebesar 106,4 juta saham atau 11,34%. Sisanya dimiliki oleh masyarakat dengan kepemilikan kurang dari 5%.

 

Catatan:


Gunung Sewu Group  adalah salah satu group perusahaan terbesar di Indonesia. Gunung Sewu Group memiliki 3 bisnis utama, yaitu agribisnis, properti, dan asuransi jiwa. Selain itu, Gunung Sewu Group juga memiliki beberapa investasi lainnya mulai dari pertambangan, IT, dan manufaktur.
Salah satu bisnis unit dari Gunung Sewu Group adalah PT Great Giant Pineapple  (GGP). Area perkebunan GGP telah berkembang hingga 32,000 ha dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 500,000 ton nanas tipe Cayenne.
Saat ini GGP adalah produsen nanas kalengan terbesar ketiga di dunia dengan lebih dari 33 negara tujuan expor dan menguasai 20% dari pangsa pasar nanas kaleng di dunia atau dengan kata lain, 1 dari 5 produk nanas kaleng yang beredar di dunia adalah produk dari GGP. 

























Catatan:

PT. Sierad Produce Tbk (IDX:SIPD ) merupakan perusahaan yang dibentuk pada tahun 2001 sebagai hasil penggabungan empat badan usaha yang bergerak di bidang usaha inti dari Sierad Group. Empat perusahaan tersebut adalah PT.Anwar Sierad Tbk, PT.Sierad Produce Tbk, PT.Sierad Feedmill dan PT.Sierad Grains.

PT Sierad Produce Tbk ("Perusahaan") adalah sebuah badan hukum yang dibentuk pada tahun 2001 sebagai hasil penggabungan empat badan usaha yang bergerak di bidang usaha inti dari Sierad Group. Empat perusahaan tersebut adalah PT.Anwar Sierad Tbk, PT.Sierad Produce Tbk, PT.Sierad Feedmill dan PT.Sierad Grains. Bisnis inti mereka mencakup produksi pakan ternak dan produksi utama, peternakan dan penetasan, kemitraan, rumah potong dan produksi lanjutan serta nilai tambah dari berbagai produk daging ayam, peralatan peternakan ayam dan produksi tepung ikan. Perusahaan, dahulu bernama PT.Betara Darma Ekspor Impor, didirikan pada tanggal 6 September 1985. Nama yang ada sekarang mulai digunakan pada tanggal 27 Desember 1996 dalam rangka persiapan go-public di Bursa Efek Jakarta.

Bisnis inti perusahaan ini mencakup produksi pakan ternak, peternakan, penetasan (hatchery), kemitraan, rumah potong dan produksi lanjutan serta nilai tambah dari berbagai produk daging ayam, peralatan peternakan ayam dan produksi tepung ikan. Perusahaan ini dulunya bernama PT.Betara Darma Ekspor Impor, didirikan pada tanggal 6 September 1985. Nama yang ada sekarang mulai digunakan pada tanggal 27 Desember 1996 dalam rangka persiapan go-public di Bursa Efek Jakarta.

Perusahaan mengalami kemajuan usaha melalui komitmennya untuk menghasilkan berbagai produk yang berkualitas baik dengan standar internasional.  Hal ini terlihat dari diterimanya berbagai penghargaan seperti HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point), ISO 9001 dan Sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia karena perusahaan telah menetapkan metode pemotongan hewan yang sesuai dengan hukum Islam.  Penerapan teknologi keamanan bio yang ketat, menjamin bahwa produk yang dihasilkan bersifat higienis, sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Dengan visi, "Menjadi perusahaan pangan berbasis unggas terpadu di Indonesia yang menciptakan nilai bagi para pemegang saham secara berkesinambungan dengan menjalankan usaha dengan keunggulan yang mampu melebihi harapan para pemegang saham", Sierad Produce selalu berkomitmen untuk memberikan produk yang inovatif dan berkualitas baik dengan harga yang terjangkau serta memaksimalkan segala sumber daya yang tersedia.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.