Jumat, 26 Juni 2015

Pemerintah Susun Rencana Infrastruktur Jaringan Pipa Gas Trans Kalimantan



Pemerintah tengah menyusun road map infrastruktur jaringan pipa gas Trans Kalimantan, termasuk untuk Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam jangka pendek, jaringan pipa gas di Kaltim akan segera dibangun.

" Sedangkan dalam jangka panjang akan membangun jaringan pipa gas Trans Kalimantan dari Kalimantan Timur, ke Kalimantan Selatan (Kalsel). Untuk mewujudkan hal itu, jaringan gas akan lebih dulu dibangun di Kaltim," terang Dirjen Migas I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja di Balikpapan.

"Itu bagian dari proyek pipa gas Trans Kalimantan. Ini masuk roadmap kita yang sedang disusun untuk jangka panjang," sambung dia.

Untuk jangka pendek, kata dia, jaringan gas di Kaltim terbangun seperti kota Bontang dan Balikpapan.

"Target kita seluruh rumah tangga (RT) bisa dialiri gas melalui jaringan pipa. Begitupula Balikpapan akan dibangun jaringan pipa. Untuk jangka panjang jaringan pipa sepajang Kaltim-Kalsel bisa dibangun," tuturnya.

Dia tidak menyebutkan nilai investasi dalam pembangunanjaringan pipa. Namun dananya akan didapatkan dari oleh swasta atau BUMN untuk proyek yang bersifat ekonomis. Sisanya dapat ditangani oleh APBN.

Dia melanjutkan, saat ini pemerintah tengah membangun jaringan pipa gas Jawa dan Sumatera. Menurut dia, di Jawa sedang dipasang pipa dari Gresik ke Semarang, dan Semarang-Cirebon. Di Sumatera, tengah dipasang jaringan pipa dari Aceh ke Belawan, dan Medan-Duri, serta Duri-Dumai.

Proyek pipa gas Jawa dan Sumatera ini diharapkan selesai dalam dua tahun terhitung dari 2015 ini. Untuk proyek infrastruktur pipa gas di Kalimantan, diharapkan sudah selesai dalam masa pemerintahan Presiden Joko Widodo ini juga khusus untuk program jangka pendek ini.

"Seperti berapa panjang pipa, ukuran pipa, dan seterusnya. Sebab itu kami belum bisa menyebutkan angka atau nilai proyek ini," jelas Wiratmaja.




saham . bursajkse

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.